Minggu, 24 Januari 2010

Pengusaha Jepang Berminat Tanam Investasi di Morotai

Sejumlah pengusaha Jepang yang tergabung dalam Japindo (Japan-Indonesia), organisasi pengusaha Jepang-Indonesia, berminat menanamkan investasi di pulau Morotai, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut).

"Akhir Oktober lalu, saya membawa tim kesenian Malut ke Tokyo. Di sana saya sempat melakukan pertemuan dengan pengusaha Jepang yang tergabung dalam Japindo. Dalam pertemuan itu, mereka menyatakan berminat menanamkan modal di pulau Morotai," kata Sekretaris Daerah Provinsi Malut, Muhadjir Albar di Ternate, Senin (13/11).


Ada dua alasan yang mendorong mereka ingin menamakan modal di pulau Morotai yakni pertama, pulau Morotai memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, terutama di sektor perikanan dan pariwisata. Kedua, pulau itu memiliki nilai sejarah bagi Jepang.

Menurut Muhajir, pulau Morotai memiliki nilai sejarah bagi Jepang, karena menjadi salah satu basis pertahanan Jepang saat melawan tentara sekutu pada Perang Dunia II. Ribuan tentara Jepang tewas di pulau Morotai saat mereka mempertahankan pulau itu dari gempuran tentara sekutu.

Di pulau Morotai masih banyak terdapat sisa-sisa peninggalan Perang Dunia II, seperti puing-puing senjata dan bangkai pesawat tempur, baik milik Jepang maupun tentara sekutu. Para pengusaha Jepang ingin memanfaatkan peninggalan Perang Dunia II di pulau Morotai itu, untuk kepentingan pariwisata.

"Mereka menilai, pulau itu sangat potensial dijual kepada wisatawan, terutama untuk wisatawan dari Jepang dan negara-negara lainnya di kawasan Asia Pasifik, karena selain memiliki obyek wisata yang menarik, juga letaknya berhadapan langsung dengan kawasan Asia Pasifik," katanya.

Apalagi, di pulau Morotai sudah ada infrastruktur dasar yakni lapangan terbang bekas peninggalan tentara sekutu. Lapangan terbang di pulau itu memiliki tujuh landasan dengan panjang landasan lebih dari 2.000 meter, sehingga memungkinkan didarati pesawat berbadan lebar.

Muhadjir menambahkan, untuk merealisasikan investasi di pulau Morotai, para pengusaha Jepang yang tergabung dalam Japindo itu, akan berkunjung ke pulau Morotai pada awal tahun 2007. Pemprov Malut sudah menjanjikan berbagai kemudahan investasi kepada para pengusaha Jepang itu. (*/lpk)

Sumber :
http://www.kapanlagi.com/h/0000143368.html
13 November 2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar