Minggu, 24 Januari 2010

Kabupaten Kepulauan Sula


Kabupaten Kepulauan Sula dengan ibukota Sanana terletak paling Selatan di wilayah Provinsi Maluku Utara. Jarak dari Kota Ternate, ibukota provinsi sekitar 284 Km dapat ditempuh melalui penerbangan udara dan pelayaran laut. Secara geografis terletak di antara 01 45 00 LS dan 124 05 00 BT 126 50 00 BT.


Wilayah sebelah Utara berbatasan dengan Laut Maluku, sebelah Selatan dengan Laut Banda, sebelah Barat dengan Provinsi Sulawesi Tengah dan sebelah Timur dengan Laut Seram. Luas Wilayah 24.082,30 Km2 terdiri dari 6 kecamatan, 82 desa dengan jumlah penduduk sekitar 124.784 jiwa sesuai data P4B pada tahun 2004. Potensi unggulan pada saat ini bertumpu pada sektor kehutanan dan perikanan mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah.

Kebijakan Pemerintah Daerah tahun 2005 yang tertuang dalam Arah Kebijakan Umum memprioritaskan pembangunan pada :

1)Membangun tegaknya hukum dan mentalitas masyarakat serta stabilitas keamanan dan ketertiban sebagai prasyarat terciptanya stabilitas keamanan dan stabilitas politik terutama dalam persiapan pelaksanaan Pilkada tahun 2005.

2)Membangun dan meningkatkan peran lembaga-lembaga politik yang handal untuk memberi konstribusi optimal bagi implementasi Otonomi Daerah dan akselerasi pembangunan politik di daerah.

3)Membangun dan menata daerah perkotaan terutama Kota Sanana sebagai Ibukota Kabupaten serta pembangunan prasarana dan sarana pemerintahan dalam menunjang kinerja penyelenggaraan pemerintahan.

4)Membangun dan mendorong terciptanya aparatur pemerintahan yang bersih dan berwibawa (good governance and clean governance).

5)Membangun dan meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat sebagai pemegang kedaulatan menjadi subjek pembangunan.

6)Membangun sumberdaya manusia yang profesional dan handal menuju kemandirian daerah dalam segala bidang.

7)Membangun seni dan budaya daerah menjadi kekuatan lokal yang memiliki daya tarik dan daya saing yang tinggi.


Sumber :
http://kepulauansula.bappenas.go.id/

Sumber Gambar :
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/ea/Peta_Kepulauan_Sula.jpg

2 komentar: